Ocha WeBlog

Rosalia Oktaviani – Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah

AKU ingin Menjadi DOKTER

on April 22, 2011

Menjadi dokter sering kali disebutkan sebagai cita-cita kita saat masih kecil, termasuk diriku. Yaa..sejak kecil aku ingin menjadi dokter, meski biaya masuk kedokteran termasuk mahal ditambah dengan keluarga tidak ada yang dokter sehingga harus lebih banyak mencari-cari informasi sendiri..tapi biarlah..tak penting bagiku saat itu..yang penting aku punya cita-cita kalau sudah besar nanti mau menjadi dokter.

Seiring berjalannya waktu, cita-cita menjadi dokter masih melekat di benakku. Yang ku tahu saat itu kalau mau masuk kedokteran harus bagus nilai IPA-nya, terlebih nilai biologinya. Awal masuk MTs (setingkat SMP) aku masih sulit memahami pelajaran biologi, pernah suatu ketika aku mendapatkan nilai ujian biologi dibawah 6..kacaaau..

Beberapa lama kemudian aku mulai mempelajari kembali pelajaran biologi,,Alhamdulillah sudah lebih baik..hee..

Suatu ketika Salah satu guru biologi yang mengajariku pernah menyuruh murid2nya untuk menuliskan cita-citanya di papan tulis. Satu demi satu murid maju ke depan untuk menuliskan cita-citanya hingga tiba giliranku. Saat itu sebenarnya aku mulai agak bingung, mengingat cita-cita waktu kecil memang ingin jadi dokter..sekarang..dengan banyak hal yang aku ketahui dan pahami sebenarnya mulai menggoyahkan cita-cita tersebut. Tapi..akhirnya tetap ku tulis juga di papan tulis..’AKU MAU JADI DOKTER’..

Setelah semua murid menuliskan cita-citanya,,guruku mulai memberi motivasi kepada kami,,bahwa masing-masing dari kami memiliki cita-cita yang mulia..ada yang ingin jadi dokter, arsitek,,dll,,dll..dan untuk mencapai itu semua butuh perjuangan, butuh pengorbanan..butuh belajar lebih giat lagi..mski waktu itu baru kelas 3 MTs *aku masih ingat sekali peristiwa itu,,karena suatu hari nanti, aku akan membuktikannya..

Setelah lulus MTs, aku memilih untuk melanjutkan Madrasah Aliyah di lembaga pendidikan yang sama. Meski banyak orang yang mengatakan, kalau masuk Aliyah lebih susah ambil fakultas umum untuk kuliah termasuk kedokteran,,biar saja, aku ingin masuk aliyah ko..justru ini menjadi tantangan untukku..anak Aliyah juga bisa masuk di kedokteran..

Hari demi hari kulalui di madrasah aliyah, Alhamdulillah tidak ada masalah dengan pelajaran yang ada. Kelas 2 aliyah mulai ada penjurusan, selain dari keinginanku sendiri orang tuaku juga sangat mendukung aku untuk mengambil jurusan IPA.

Hingga Sampailah aku pada kelas 3 Aliyah, berbekal dari pengalaman kakak kelas serta informasi dari petugas di Tata Usaha, Saat itu aku semakin banyak informasi masuk kuliah termasuk kuliah di Fakultas Kedokteran (FK). Jalur masuk yang ada hingga biaya kuliahnya.

Ehm..mulailah aku berpikir ulang untuk masuk kedokteran, sanggupkah aku masuk kedokteran?? Dengan mata kuliah yang banyak, biaya yang mahal, pergaulan dengan teman2 yang ‘tajir’..

Semua itu mulai membuat aku bimbang, ku sampaikan kepada orang tua tentang maksudku untuk masuk kedokteran..

Entah apa yang mereka rasakan saat itu, tapi pastinya mereka ingin yang terbaik untuk anaknya,, orangtuaku pun mengijinkan meski nantinya biaya di fakultas kedokteran akan memberatkannya..tapi namanya orang tua pastinya akan selalu berusaha untuk memenuhinya..

“jika memang mau masuk kedokteran, tidak apa-apa, bapak-ibu masih ada simpanan ko,,ndak usah khawatir buat biayanya,,biar bapak-ibu yang mikirin” kata ibuku

Sedikit lega  rasanya..masih ada kesempatan buatku untuk masuk kedokteran..*tapi aku baru mengatahui ternyata simpanan tersebut adalah biaya untuk naik haji..ya Allah..

“ndak papa ko,,i.Allah bisa nabung lagi buat naik hajinya” sahut ibuku  menghibur

Sempat terbesit dalam benakku, jika memang ndak bisa masuk kedokteran mungkin akan mengambil FKIP, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan..yaa,,klo gak bisa jadi dokter, aku mau jadi guru seperti orangtuaku..sama-sama mulia bukan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Karena orang tuaku mengijinkan, aku semakin banyak mencari informasi fakultas2 kedokteran. Saat itu aku ingin masuk FK Undip Semarang dan FK UNS solo, mulai aku cari tahu pendaftarannya, jalur masuknya, dan biaya.

Hingga suatu ketika aku mendapatkan informasi bahwa ada kakak kelasku yang mendapatkan beasiswa penuh selama belajar di kedokteran. Aku pun mulai mencari tahu informasi seputar beasiswa tersebut. Ternyata adalah beasiswa dari departemen agama untuk anak-anak lulusan pesantren.

Dari beberapa universitas yang memberikan beasiswa, hanya ada 3 universitas yang ada fakultas kedokterannya. Akhirnya pilihanku jatuh pada UIN Syarif hidayatullah Jakarta, Setelah melalui seleksi administrasi dan ujian tulis, Alhamdulillah ternyata aku lolos seleksi. Yaa..aku diterima di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan jurusan pendidikan dokter UIN syarif hidayatullah Jakarta.

Entah mengapa setelah aku mendapatkan informasi tersebut, ada perasaan gundah yang menyelimuti hati ini. Mungkin karena faktor tempat kuliah yang jauh, yang pastinya juga akan sulit pulang serta dengan biaya hidup mahal ditambah lagi dengan banyaknya perggaulan bebas yang ada di kota metropolitan; Jakarta.

Mulailah ku tenangkan hati ini, untuk mengikhlaskannya. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan selama Pendidikan tersebut dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat..Amiin..to be continue.. :-)

About these ads

24 responses to “AKU ingin Menjadi DOKTER

  1. zizoe says:

    aminnn semoga kau jd dokter dambaan umat,, dan jgn lupa klo dah jd dokter,,, saya tiap perikasa gratis ya “:D

  2. momon says:

    assalamualaikum
    biaya kuliah di UIN berapa mbak?saya baca di websitenya semestr pertama 90 jt dan semester selanjutnya 20 jt, apakah benar demikian?apakah jalur SNMPTN jg demikian mbak?tlng di jwab ya mbak….
    saya rencana mau masuk FK UIN..
    makasih
    wassalam

    • oktavie says:

      Alaikumussalaam..
      pas sy tnya k kmpus untuk pendidikan dokter th ajrn 2011 memang biaya sjumlah itu,,awl msk 90juta dan untuk smt brikutnya 20 juta..

      agk kaget sbnrny mlht biaya yg skrg jd smahal itu..

      • Assalamu’alaikum…
        selamat ya mb semoga ke depan semakin sukses….
        aku juga pengin banget menjadi dokter…
        karena dokter merupakan cita-cita yang mulia…
        gymn cara mencari beasiswa FK mb…?????
        walau masih SMP aku ingin banyak mencari tau tetang dokter…
        Wassalam…

  3. Aliah says:

    Asslkum…sy seorang ibu anakku sama ceritanya ingin menjadi dokter sekarang dia kelas 1 SMA disalah satu Ponpes…yg sy mau tanya bagaimana caranya bisa lolos administrasi dan berapa biaya masuk sebenarnya say….dan sistem pembayarannya. kemudian biaya apalagi dalam setahun yg akan dikeluarkan …sebagai orang tua tentu ingin melakukan yang terbaik….

    • si ind says:

      Wallaikumsalam Bu aliah , seharusnya bukan saya yang menjawab, tapi mbak ocha hehe , sekedar share info aja….kalao saya di universiatas islam indonesia , jogjakarta dana yang dikeluarkan untuk tahun pertama sekitar 150 (uang pendaftaran+uang gedung+uang smester) , kemudian untuk tahun ke-2 cukup membayar uang semester 7-8 juta per smester. untuk pendaftarannya mudah ko bu tinggal datang tes dan tunggu ahsilnya. insyaallh klo berminat saya bisa bantu.

  4. MIta says:

    alhamdulilah yaa mbak,, cara belajar nyahh gimana mbak di FK????

  5. si ind says:

    Wah fk uin mahal ya ternyata…hehe ,kalo di FK UII yogyakarta awal masuk 100 juta..tapi itupun pembayarannya diangsur selama 2 smester, utuk smesteranya sekitar 7-9 juta tergantung sksnya, buat yang punya blog slam kenal ya :)

  6. fitrisneps says:

    aku juga pengen jadi dokter kak. insya Allah sekitar 7-8 buan lagi aku menyandang gelar sebagai mahasiswi fakultas kedokteran amin. doakan ya kak :)

  7. kiki says:

    alhamdulillah ya mba.. semoga semakin sukses kedepannya . aku sama seperti mba pengen banget jadi dokter dari kecil aku bercita cita jadi dokter sampai saat ini . kalau boleh tau berapa biaya pertama masuk FK dan bagai mana cara belajarnyadi FK mbak ? apa mbak masih punya waktu untuk ngumpul sama keluarga pas mbak udah lolos di FK ?

  8. ririn says:

    kx…
    saya anak MAN juga…
    tapi saya dari jurusan keagamaan
    bisa gx saya masuk kedokteran juga..??

  9. Munfiah says:

    Assalamu’alaikum WR.WB
    salam kenal, Aku anak SMK yang punya cita” tuk jadi dokter
    bisa gak sih anak SMK ambil Fk ?
    terus masalah pelajaran IPA nya g mn ?
    soalnya IPAnya SMA dan SMK kan beda !!!

  10. ade says:

    assalamualaikum mbak.
    saya siswi smk,tapi keinginan saya jadi dokter dari saya kecil.keluarga saya tidak mampu mbak,dan saya tinggal di sumut.byk yg bilang saya salah jurusan,dari smk ke kedokteran.tp sy puny alsn tersndiri yg jika sya critakn insyllah bisa dimengerti.mbak,adakah jalan buat saya untk jadi dokter,dgn biayanya yg selangit.tolg dibalas ya mbak.

  11. ergasya says:

    ass.. bagi rekan2 semua,.. kebetulan sy ada teman yang bisa bantu masuk kuliah di kedokteran,
    ada jaminan diterimanya, pembayaran setelah diterima
    dan gak ada unsur penipuan dan sbgnya.. terimakasih (51198423)

  12. okta surya hendro says:

    terima kasih kak..aqu jadi lebih yakin :)

  13. ridhomuslimarrasyid says:

    amiiin… Go ahead :D

  14. nina says:

    doain saya bisa lulus ya mbak. pen banget bisa jadi dokter :”)

  15. nurul says:

    ka mohon do’anya ya ka,,biar aku bisa jdii dokter yg sholihaah….cantik hati dan parasnya….

  16. treianggraini says:

    kk saya ingin sekali dari kecil masuk fakultas kedokteran tp ibu saya tidak mendukung kata nya masuk fk itu susah tp saya masih berkeinginan masuk fk :( , tolong donk kk kasih solusi :)

  17. anita sulistiyo says:

    mbak dari lubuk hati saya
    saya pngen sekali jadi dokter tpi saya sndiri tidak tau bagaimana caranya
    krna itu sudah menjadi cita2 saya sejak kecil
    mbak tolong bntu saya yha

  18. MUkhlisah says:

    Assw. Aku jg ingin menjadi dokter ternyata menjadi dokter itu dibutuhkan kerja keras,nah d situlah ak berjuang semoga ak bisa meraih cita2ku amiin, semoga sukses, berjuang3 mumpung ak masih smp ak harus belajar lebih giat lagi,sekian dr sy bila ada kt yg tdk enak mohon maaf wassalammuallaikum wr.wb

  19. dewi says:

    Assalamualaikum.wr.wb
    ya smoga mbak menjadi orang yang sukses dan bisa membahagiakan kedua orang tua mbak.
    sebenernya aku juga pengen masuk kedokteran tapi melihat biaya sebanyak itu mampu kah aku orang tua aku. aku pengen sekali cita” aku terwujud tapi melihat smua itu aku jdi bimbang… apa kah aku bisa..?

  20. aku igin kuliah di unpat …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: