Ocha WeBlog

Proud to be Moslemah Doctor- FK UIN Syarif Hidayatullah

AKU ingin Menjadi DOKTER

on April 22, 2011

Menjadi dokter sering kali disebutkan sebagai cita-cita kita saat masih kecil, termasuk diriku. Yaa..sejak kecil aku ingin menjadi dokter, meski biaya masuk kedokteran termasuk mahal ditambah dengan keluarga tidak ada yang dokter sehingga harus lebih banyak mencari-cari informasi sendiri..tapi biarlah..tak penting bagiku saat itu..yang penting aku punya cita-cita kalau sudah besar nanti mau menjadi dokter.

Seiring berjalannya waktu, cita-cita menjadi dokter masih melekat di benakku. Yang ku tahu saat itu kalau mau masuk kedokteran harus bagus nilai IPA-nya, terlebih nilai biologinya. Awal masuk MTs (setingkat SMP) aku masih sulit memahami pelajaran biologi, pernah suatu ketika aku mendapatkan nilai ujian biologi dibawah 6..kacaaau..

Beberapa lama kemudian aku mulai mempelajari kembali pelajaran biologi,,Alhamdulillah sudah lebih baik..hee..

Suatu ketika Salah satu guru biologi yang mengajariku pernah menyuruh murid2nya untuk menuliskan cita-citanya di papan tulis. Satu demi satu murid maju ke depan untuk menuliskan cita-citanya hingga tiba giliranku. Saat itu sebenarnya aku mulai agak bingung, mengingat cita-cita waktu kecil memang ingin jadi dokter..sekarang..dengan banyak hal yang aku ketahui dan pahami sebenarnya mulai menggoyahkan cita-cita tersebut. Tapi..akhirnya tetap ku tulis juga di papan tulis..’AKU MAU JADI DOKTER’..

Setelah semua murid menuliskan cita-citanya,,guruku mulai memberi motivasi kepada kami,,bahwa masing-masing dari kami memiliki cita-cita yang mulia..ada yang ingin jadi dokter, arsitek,,dll,,dll..dan untuk mencapai itu semua butuh perjuangan, butuh pengorbanan..butuh belajar lebih giat lagi..mski waktu itu baru kelas 3 MTs *aku masih ingat sekali peristiwa itu,,karena suatu hari nanti, aku akan membuktikannya..

Setelah lulus MTs, aku memilih untuk melanjutkan Madrasah Aliyah di lembaga pendidikan yang sama. Meski banyak orang yang mengatakan, kalau masuk Aliyah lebih susah ambil fakultas umum untuk kuliah termasuk kedokteran,,biar saja, aku ingin masuk aliyah ko..justru ini menjadi tantangan untukku..anak Aliyah juga bisa masuk di kedokteran..

Hari demi hari kulalui di madrasah aliyah, Alhamdulillah tidak ada masalah dengan pelajaran yang ada. Kelas 2 aliyah mulai ada penjurusan, selain dari keinginanku sendiri orang tuaku juga sangat mendukung aku untuk mengambil jurusan IPA.

Hingga Sampailah aku pada kelas 3 Aliyah, berbekal dari pengalaman kakak kelas serta informasi dari petugas di Tata Usaha, Saat itu aku semakin banyak informasi masuk kuliah termasuk kuliah di Fakultas Kedokteran (FK). Jalur masuk yang ada hingga biaya kuliahnya.

Ehm..mulailah aku berpikir ulang untuk masuk kedokteran, sanggupkah aku masuk kedokteran?? Dengan mata kuliah yang banyak, biaya yang mahal, pergaulan dengan teman2 yang ‘tajir’..

Semua itu mulai membuat aku bimbang, ku sampaikan kepada orang tua tentang maksudku untuk masuk kedokteran..

Entah apa yang mereka rasakan saat itu, tapi pastinya mereka ingin yang terbaik untuk anaknya,, orangtuaku pun mengijinkan meski nantinya biaya di fakultas kedokteran akan memberatkannya..tapi namanya orang tua pastinya akan selalu berusaha untuk memenuhinya..

“jika memang mau masuk kedokteran, tidak apa-apa, bapak-ibu masih ada simpanan ko,,ndak usah khawatir buat biayanya,,biar bapak-ibu yang mikirin” kata ibuku

Sedikit lega  rasanya..masih ada kesempatan buatku untuk masuk kedokteran..*tapi aku baru mengatahui ternyata simpanan tersebut adalah biaya untuk naik haji..ya Allah..

“ndak papa ko,,i.Allah bisa nabung lagi buat naik hajinya” sahut ibuku  menghibur

Sempat terbesit dalam benakku, jika memang ndak bisa masuk kedokteran mungkin akan mengambil FKIP, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan..yaa,,klo gak bisa jadi dokter, aku mau jadi guru seperti orangtuaku..sama-sama mulia bukan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Karena orang tuaku mengijinkan, aku semakin banyak mencari informasi fakultas2 kedokteran. Saat itu aku ingin masuk FK Undip Semarang dan FK UNS solo, mulai aku cari tahu pendaftarannya, jalur masuknya, dan biaya.

Hingga suatu ketika aku mendapatkan informasi bahwa ada kakak kelasku yang mendapatkan beasiswa penuh selama belajar di kedokteran. Aku pun mulai mencari tahu informasi seputar beasiswa tersebut. Ternyata adalah beasiswa dari departemen agama untuk anak-anak lulusan pesantren.

Dari beberapa universitas yang memberikan beasiswa, hanya ada 3 universitas yang ada fakultas kedokterannya. Akhirnya pilihanku jatuh pada UIN Syarif hidayatullah Jakarta, Setelah melalui seleksi administrasi dan ujian tulis, Alhamdulillah ternyata aku lolos seleksi. Yaa..aku diterima di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan jurusan pendidikan dokter UIN syarif hidayatullah Jakarta.

Entah mengapa setelah aku mendapatkan informasi tersebut, ada perasaan gundah yang menyelimuti hati ini. Mungkin karena faktor tempat kuliah yang jauh, yang pastinya juga akan sulit pulang serta dengan biaya hidup mahal ditambah lagi dengan banyaknya perggaulan bebas yang ada di kota metropolitan; Jakarta.

Mulailah ku tenangkan hati ini, untuk mengikhlaskannya. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan selama Pendidikan tersebut dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat..Amiin..to be continue.. :-)

71 responses to “AKU ingin Menjadi DOKTER

  1. zizoe says:

    aminnn semoga kau jd dokter dambaan umat,, dan jgn lupa klo dah jd dokter,,, saya tiap perikasa gratis ya “:D

  2. momon says:

    assalamualaikum
    biaya kuliah di UIN berapa mbak?saya baca di websitenya semestr pertama 90 jt dan semester selanjutnya 20 jt, apakah benar demikian?apakah jalur SNMPTN jg demikian mbak?tlng di jwab ya mbak….
    saya rencana mau masuk FK UIN..
    makasih
    wassalam

    • oktavie says:

      Alaikumussalaam..
      pas sy tnya k kmpus untuk pendidikan dokter th ajrn 2011 memang biaya sjumlah itu,,awl msk 90juta dan untuk smt brikutnya 20 juta..

      agk kaget sbnrny mlht biaya yg skrg jd smahal itu..

      • Assalamu’alaikum…
        selamat ya mb semoga ke depan semakin sukses….
        aku juga pengin banget menjadi dokter…
        karena dokter merupakan cita-cita yang mulia…
        gymn cara mencari beasiswa FK mb…?????
        walau masih SMP aku ingin banyak mencari tau tetang dokter…
        Wassalam…

  3. Aliah says:

    Asslkum…sy seorang ibu anakku sama ceritanya ingin menjadi dokter sekarang dia kelas 1 SMA disalah satu Ponpes…yg sy mau tanya bagaimana caranya bisa lolos administrasi dan berapa biaya masuk sebenarnya say….dan sistem pembayarannya. kemudian biaya apalagi dalam setahun yg akan dikeluarkan …sebagai orang tua tentu ingin melakukan yang terbaik….

    • si ind says:

      Wallaikumsalam Bu aliah , seharusnya bukan saya yang menjawab, tapi mbak ocha hehe , sekedar share info aja….kalao saya di universiatas islam indonesia , jogjakarta dana yang dikeluarkan untuk tahun pertama sekitar 150 (uang pendaftaran+uang gedung+uang smester) , kemudian untuk tahun ke-2 cukup membayar uang semester 7-8 juta per smester. untuk pendaftarannya mudah ko bu tinggal datang tes dan tunggu ahsilnya. insyaallh klo berminat saya bisa bantu.

      • pewe says:

        Assalamu’alaikum mba,
        Mba yang kuliah di uii jogja,saya boleh tanya” tentang fk uii tidak? Soalnya saya ada niatan kuliah di kedokteran uii mba,terimakasih

  4. MIta says:

    alhamdulilah yaa mbak,, cara belajar nyahh gimana mbak di FK????

  5. si ind says:

    Wah fk uin mahal ya ternyata…hehe ,kalo di FK UII yogyakarta awal masuk 100 juta..tapi itupun pembayarannya diangsur selama 2 smester, utuk smesteranya sekitar 7-9 juta tergantung sksnya, buat yang punya blog slam kenal ya :)

  6. fitrisneps says:

    aku juga pengen jadi dokter kak. insya Allah sekitar 7-8 buan lagi aku menyandang gelar sebagai mahasiswi fakultas kedokteran amin. doakan ya kak :)

  7. kiki says:

    alhamdulillah ya mba.. semoga semakin sukses kedepannya . aku sama seperti mba pengen banget jadi dokter dari kecil aku bercita cita jadi dokter sampai saat ini . kalau boleh tau berapa biaya pertama masuk FK dan bagai mana cara belajarnyadi FK mbak ? apa mbak masih punya waktu untuk ngumpul sama keluarga pas mbak udah lolos di FK ?

  8. ririn says:

    kx…
    saya anak MAN juga…
    tapi saya dari jurusan keagamaan
    bisa gx saya masuk kedokteran juga..??

  9. Munfiah says:

    Assalamu’alaikum WR.WB
    salam kenal, Aku anak SMK yang punya cita” tuk jadi dokter
    bisa gak sih anak SMK ambil Fk ?
    terus masalah pelajaran IPA nya g mn ?
    soalnya IPAnya SMA dan SMK kan beda !!!

    • syafii says:

      Kalau kamu punya ke inginan pasti bisa kok…aku lulusan SMK jurusan multimedia…alhamdulillah sekarang sudah semester 4 di UNPAD…kalau untuk pelajaran IPA bisa di pelajari di luar sekolah (tempat les) :) semoga kamu juga bisa :)

  10. ade says:

    assalamualaikum mbak.
    saya siswi smk,tapi keinginan saya jadi dokter dari saya kecil.keluarga saya tidak mampu mbak,dan saya tinggal di sumut.byk yg bilang saya salah jurusan,dari smk ke kedokteran.tp sy puny alsn tersndiri yg jika sya critakn insyllah bisa dimengerti.mbak,adakah jalan buat saya untk jadi dokter,dgn biayanya yg selangit.tolg dibalas ya mbak.

  11. ergasya says:

    ass.. bagi rekan2 semua,.. kebetulan sy ada teman yang bisa bantu masuk kuliah di kedokteran,
    ada jaminan diterimanya, pembayaran setelah diterima
    dan gak ada unsur penipuan dan sbgnya.. terimakasih (51198423)

  12. okta surya hendro says:

    terima kasih kak..aqu jadi lebih yakin :)

  13. ridhomuslimarrasyid says:

    amiiin… Go ahead :D

  14. nina says:

    doain saya bisa lulus ya mbak. pen banget bisa jadi dokter :”)

  15. nurul says:

    ka mohon do’anya ya ka,,biar aku bisa jdii dokter yg sholihaah….cantik hati dan parasnya….

  16. treianggraini says:

    kk saya ingin sekali dari kecil masuk fakultas kedokteran tp ibu saya tidak mendukung kata nya masuk fk itu susah tp saya masih berkeinginan masuk fk :( , tolong donk kk kasih solusi :)

  17. anita sulistiyo says:

    mbak dari lubuk hati saya
    saya pngen sekali jadi dokter tpi saya sndiri tidak tau bagaimana caranya
    krna itu sudah menjadi cita2 saya sejak kecil
    mbak tolong bntu saya yha

  18. MUkhlisah says:

    Assw. Aku jg ingin menjadi dokter ternyata menjadi dokter itu dibutuhkan kerja keras,nah d situlah ak berjuang semoga ak bisa meraih cita2ku amiin, semoga sukses, berjuang3 mumpung ak masih smp ak harus belajar lebih giat lagi,sekian dr sy bila ada kt yg tdk enak mohon maaf wassalammuallaikum wr.wb

  19. dewi says:

    Assalamualaikum.wr.wb
    ya smoga mbak menjadi orang yang sukses dan bisa membahagiakan kedua orang tua mbak.
    sebenernya aku juga pengen masuk kedokteran tapi melihat biaya sebanyak itu mampu kah aku orang tua aku. aku pengen sekali cita” aku terwujud tapi melihat smua itu aku jdi bimbang… apa kah aku bisa..?

  20. laila says:

    aslmkummmm…..
    kak, skrg q ud kls 3 MA, n sama sprti ka”k q ingn mlnjutkn studi d pend.kedkteran d UIN Syarif Hidayatullah….tp kak, kdang q mrasa minder dg melihat biaya.a yg sngat mahal dn q pun tdk trmsuk siswi yg “sngat” pntar d bdang IPA. mhon doanya kak…smoga q jg mndpt beasiswa santri sprti k”k……

  21. dara says:

    assalamualaikum mba, saya mau tanya untuk biaya FK UIN yang masuk via snmptn sama gak kaya biaya via mandiri?
    makasih :)
    wassalamualaikum

  22. Nadia Hasan says:

    Kak.. Pengalamannya persis dengan pengalaman adek. Sekaranag adek di Madrasah aliyah jurusan ipa sedang bingung ingin masuk FK namun takut membratkan org tua. Syukur kakak ada dukungan, namun adik masih diliputi dengan kekhawatiran bahwa hal itu dapat merepotkan mreka. Bagaimana kakak dalam menyikapinya? Makasi, :)

    • oktavie says:

      sdr nadia,, coba keinginan adeknya dbicarakan baik-baik dg orang tua, jelaskan dg bahasa yg baik bgmn jalur masuk, perkiraan biaya, atau jalur beasiswa yg dapat diambil. dukungan dari org tua sangat penting lho, aplg doanya..jika nntinya bs dterima lwt jalur beasiswa I.Allah tdk terlalu memberatkan org tua.. Semangat ;-)

  23. shasa says:

    dri kcil aku punya cita” jdi dokter. tapi, aku skolah di smk analis ksehatan, bisa gak aku msuk fkultas kdokteran?

  24. Apit says:

    assalamualaikum.
    kak ocha, sy mau tanya. sy ingin masuk FK , tp sy dr SMK Kesehatan, apa bisa ya kak ?
    sedangkan setiap website universitas di FKnya selalu ada syarat dr SMA Ipa .

  25. Adit says:

    Mbak, kalo ipa,aku cuma ngeri biologi,fisikanya anjlok, kira kira bisa ga ya jadi dokter

  26. vivi says:

    wah….saya juga kepengen bgt bisa msuk fk…. karna itu cita-cita saya dari dulu,

  27. dedi says:

    sy mhsiswa fk, tp stlh tau fk sprti gmn, nyesel, knp dulu masuk fk

  28. yogi perdana says:

    semangat kak kamu pasti bisa kq…
    asal adha kemauan dan tekat kuat…….
    aku jga’ mkir gimana nanti kalau aku lulua aliyah….????
    mwu jadi dokter tapi melihat kondisi orang tua eank begitu…
    huff membingungkan?????

  29. nafa says:

    assalamu’alaikum,mbak..
    mau tanya syarat2 masuk fk bisa?
    kuota fk utk jalur undangan, jalur tulis, dan mandiri berapa ya?

  30. Anik says:

    Dokter cita”ku dr kecil

    Wah!biaya msuk FK ternyata mahal yah???ampe puluhan jt,pdahal aq pngen jdi dokter muda yg hebt N kuliah kedokteran tp ortuku cma petni,
    skulahku ja cma ampe smp aq pngen msuk home schooling tu jg mahal,mau schoolah biasa dh bosen
    jdi artis dlu x ya!trus gajian jdi artis bwt home schooling n kuliah klo dh kuliah jdi dokter deh trus pensiun jdi artis,hahaha
    jdi dokter kn hrz pinter biologi
    sngat disayangkn,pdhal aq dlu pinter biologi
    Gmn yah?

  31. Anik says:

    Aq pengen jdi dokter anak
    tp aq jg pengen jdi dokter saraf N psikolog

  32. Anik says:

    Assalam…?
    Tuhan
    didunia ni bnyk org yg bercita” menjadi dokter
    termasuk aku
    tp biaya masuk FK tu mahal
    tp Tuhan keinginanku bwt jdi dokter sdh kandas
    karna org tuaku hanya
    seorang petani
    dan sekolahku hanya sampai smp
    ingin aku sekolah lg

    dokter adalah cita”ku sejak kecil
    bahkan sampai tua nanti dan sampai kpnpun
    aku akan ttap menyimpan hal itu di hati dan pikiranku

    mungkin kalau aq sdh menikah nanti dan punya anak,,,aku ja yg kan menyekolahkan anakku sampai jdi dokter
    sekuat tenagaku akan ku perjuangkan
    selama’a
    ;-(
    senyum&semangat

  33. kgs m harun says:

    aku ingin sekali mnjadi dokter tp aku blom buat jalan ny ,, tlong solusi ny ya.

  34. khotul asy-syfa says:

    mbak cara dpat beasiswa kedokteran gmna? apkh nilai raport dan nilai UN itu sngat berpengruh?? trs target2 nilai raport dn UN nya hrus brpa?

    • oktavie says:

      sdr khotul,,
      saya mendapatkan beasiswa dr program kemenag untk para santri. saat itu syaratny; administrasi di ambil dari nilai raport sejak kelas 1 sma. jika sudah lulus administrasi dlanjutkan mengikuti ujian tulis sesuai dg univ yg dtuju ditambah dg ujian keagamaan.. saat itu nilai UN tidak berpengaruh hnya kelulusannya saja yg penting, krna ujian dilakukan sblm UN dan pengumumannya sblm kelulusan UN, jd ketika lolos seleksi namun tidak lulus UN maka beasiswa tsb dbatalkan..

  35. syafii says:

    :) semangat yya mbakk…

  36. Kurang lebih sama banget cita2 ku mauu jadi dokter jg , tapi menjadi dokter itu harus profesional . Dan aku jg bimbang , aku takut nanti aku bosan dengan kuliahnya , trus takut nanti ortu akuu gak pny biaya y karna itu yg membuat ku bimbang , aku berfikir 2x dalam masalah cita2 ini , aku bingung . Entah mauu jadi apa besok kaloo aku udah besar . Aku pun bingung . Otak ku rasa Ώyå udah blank banget . Sekarang aku menduduki kls 2smp . Sbentar lagi aku harus pilih diantara mana yg diwujudkan sbgai cita2 . Sbentar lagi ortu aku jg ♏ĄƱ pensiun dari pekerjaanya , disaat itulah hati dan pkiran aku mulaiii yah mulai blank lagi dah . . . . . Ingin menjadi DOKTER itu. Yah mimpi terindah dalam hidupku. Walaupun sulit skali utk mendapatkannya . . . . Aku gk tauu ♏ĄƱ jdi apa besok Kǻƪ☺ aku udah gede nanti . . . Mauu ngambil jurusan apa? Dimana? Aku gk tau . .

  37. Kurang lebih sama banget cita2 ku mauu jadi dokter jg , tapi menjadi dokter itu harus profesional . Dan aku jg bimbang , aku takut nanti aku bosan dengan kuliahnya , trus takut nanti ortu akuu gak pny biaya y karna itu yg membuat ku bimbang , aku berfikir 2x dalam masalah cita2 ini , aku bingung . Entah mauu jadi apa besok kaloo aku udah besar . Aku pun bingung . Otak ku rasa Ώyå udah blank banget . Sekarang aku menduduki kls 2smp . Sbentar lagi aku harus pilih diantara mana yg diwujudkan sbgai cita2 . Sbentar lagi ortu aku jg ♏ĄƱ pensiun dari pekerjaanya , disaat itulah hati dan pkiran aku mulaiii yah mulai blank lagi dah . . . . . Ingin menjadi DOKTER itu. Yah mimpi terindah dalam hidupku. Walaupun sulit skali utk mendapatkannya . . . . Aku gk tauu ♏ĄƱ jdi apa besok Kǻƪ☺ aku udah gede nanti . . . Mauu ngambil jurusan apa? Dimana? Aku gk tau . .ohhh iya slamt yah mb bisa menjadi dokter , smoga bnyak rejeki ny mb

    • oktavie says:

      sdr aulia,, semua berawal dari mimpi,,pada awalnya memang terasa tidak mungkn ato semua hnya khayalan, tp kenyataannya mayoritas org2 sukses juga berawal dari mimpi. bedanya adalah mereka bermimpi dan berusaha membuktikan mimpi2 itu.. maka kembali kepada kita,hanya sekedar menjadi pemimpi atau pewujud mimpi..

  38. Via says:

    Sekarang bagaimana dg cita2 kk udh smpe smester brp ??

    • oktavie says:

      sdr via,, alhamdulillah saya sudah selesai menjalani pendidikan profesi th lalu. tgl 27 juni 2013 disumpah dokter. saat ini saya sdg menjalani program internsip dari kemenkes di Aceh Utara..

  39. dellabatam says:

    kaka, aku mau jg lulusan pesantren.. emng ga ssh ya ka klo dr psntren dafatar kedokteran gtu ?trs gmna ka kka skrg ? susah ga ka ? saya taku ga bsa nerima pelajarannya..
    minta solusi ya ka :)

    • oktavie says:

      sdr fatona,,belajar di kedokteran memang tidak mudah, berlaku untuk semua mahasiswa fk baik dari skolah umum/pesantren. selama ada kemauan untuk belajar i.Allah tidak ada yg sulit. jd ank kedokteran itu harus rajin, ank yg pintar tp malas bisa kalah sama ank yg biasa aj tp rajin baca.. buat tmn2 dipesantren jgn berkecil hati ketika bljr di fk, justru dg kebiasaan klian yg rajin membaca, terbiasa sdkit tidur bisa mnjadi modal lebih kalian,,yg pastinya hormati org tua dan jgn lupa berdoa, bnyak hal yg tak terduga dg kekuatan doa terlebih doa orang tua.. :-)

  40. indah says:

    Aku mau tanya seputar kedokteran uin dong ka please bagi email atau pin gitu ka please

    • oktavie says:

      indah,,untuk pendaftaran mungkn bisa lihat lsg ke website uinjkt.ac.id klo tanya sputar perkuliahan/koass bisa ke invox fb..

  41. icha says:

    Buat kak ocha, bisa gak kak bantu sya, saya anak Smk Kesehatan, saya sangat ingin masuk kedokteran, tapi saya denger dan liat2 info, Smk susah buat ngambil kedokteran, guru disekolah saya dan dokter2 tempat saya Magang dirumah sakit, nyaranin buat tunggu jalur snptn aja,mrekka dukung sy msuk dikedokteran, tp sya gak hanya brpegngan sma Snptn sya ttp harus cari info fk yng nrima Smk, apa kaka bisa bantu?

  42. iisnursiah says:

    Hello kaa..
    Kaa doain aku juga ya biar bisa jadi adek tingkat kaka di pendidikan dokter..
    Tanggal 17april ini udah mulai buka kkaa pendaftaran santri jadi dokternyaa..
    Salam hangat kk dan tetep berjuang ngabdi nya karna Allah O:-)

  43. iisnursiah says:

    Hello kaa ;)
    Doain aku ya kaa tahun 2014 ini in shaa Allah jadi adek tingkat nya kakak di FK UIN Syarif Hidayatullah(aamiin)
    Tanggal 17 April ini aku udah ikut pendaftaran seleksi santri jadi dokter kaya kakak kemaren..
    Oiyah buat kk sukses terus ya siap ngabdi buat rakyat yang membutuhkan pertolongan kk dan tetep istiqomah kk niat karena AllahO:)

  44. king says:

    sangat menginspirasi, thx uda berbagi..
    Mohon berkenan kunjungi blog saya di http://www.kingmotivation.blogspot.com

  45. Assalamualaikum!!!

    Saya Masih SMP Kelas 8..Saya Ingin Sekali Menjadi DOKTER..Saya ingin mebanggakan Orang Tua Saya,walaupun berat menjadi dokter,saya Ingin Sekali …Walau Biaya Tidak Mencapai Target.Tapi Saya Ingin sekali :(

    • oktavie says:

      alaikumussalaam sdr supri,, menjadi dokter tidak bisa hnya sekedar keinginan, tetapi niatkan dari awal untuk cita-cita yg mulia, krna perjalanannya yg tidak mudah. terlebih dijaman skrg, dsamping biaya yg mahal, pendidikan yg dlalui tidak mudah dan memakan waktu yg lama. karena tanpa keikhlasan dan kesabaran rasanya akan sangat berat untuk bisa menyelesaikannya dan ada jg yg berhenti ditengah pendidikan.

  46. andi tenri says:

    ka kalau mw jdi dokter nilai harus rata2 9 yahh?

    • oktavie says:

      nilai 9 bukan syarat mutlak untuk menjadi dokter. dalam pendidikan kedokteran banyak hal yg dinilai, tidak sekedar dari akademik dg nilai tinggi, tetapi juga sikap dan perilaku kita sehari-hari terlebih ketika berhdapan dg pasien.

  47. andi tenri says:

    kak’ kalau sma , untuk jdi dokter harus ambil ipa kan untk jdi dokter? ..

  48. uri says:

    ASSlMUlIKUM Wr wb,, MBAK SAYA PINGIN SEKALI MASUK KE KEDOKTERAN dan saya dari ips mbak tapi sekarang saya di KEBIDANAN MBAK apakah saya bisa masuk ke kedokteran ba tolong bls mba ini saya, semester akhir mba mau menjelang wisuda, insya allah kalu sudah selesai saya pingin mencoba mendaftar mbak apa bisa ya?

    • oktavie says:

      alaikumussalaam wr.wb.
      setau saya syarat dr univ untuk FK hrus dari jurusan IPA. mungkn bisa dkroscek langsung ke univ yg ingin dtuju.

  49. nike says:

    Kakak aku juga pengen jadi dokter, sekarang udah kelas 2 sma tpi biologi aku masih gabagus kak. Gimana dong :(

    • oktavie says:

      selama ada kemauan I.Allah tidak ada yg sulit, yang nilainya belum bagus msh bisa dperbaiki dg belajar yg lbh giat. jgn lupa di ikuti dengan Doa..smoga dmudahkan jalannya :-)

  50. aku igin kuliah di unpat …

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

