Ocha WeBlog

Proud to be Moslemah Doctor- FK UIN Syarif Hidayatullah

ORGANISASI KEHIDUPAN

on January 9, 2010

Organisasi ?! sering dengar kan?..yup..ternyata tubuh manusia (bukan hanya manusia, tapi seluruh makhluk hidup) itu sendiri tersusun  dari berbagai senyawa yang terorganisir secara sempurna. Siapa lagi yang menyusunnya kalau bukan Sang Maha Pencipta Allah Subhanallu wata’ala..darimana kita tahu? Tentu saja  dari firman-Nya yang kemudian akhirnya dibuktikan para ilmuwan…dan telah kita ketahui bahwa dalam firman-Nya (Alquran), Allah SWT telah menjelaskan berbagai aturan hidup untuk manusia tidak hanya untuk urusan akhirat saja, bahkan urusan dunia pun di atur olehNya didalamm Alquran, termasuk juga dengan ilmu kedokteran..so..jangan pernah meninggalkan warisan nabi, Alquran dan Hadits.

Kembali ke organisasi…organisasi kehidupan???

Organisasi kehidupan tersusun dari berbagai materi berikut;

Atom –

Molekul –

Sel –

Jaringan –

Organ –

Sistem organ –

Organisme –

Jika kita mencoba untuk memfikirkan kebesaran Sang pencipta, tubuh kita serta makhluk hidup yang lain tersusun akibat dari organisasi tersebut.

Allah SWT berfirman :

Dan sungguh, kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).kemudian, air mani itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu lalu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian, kami menjadikan makhluk yang (berbentuk lain). Mahasuci Allah, pencipta yang paling baik. ( QS: Al-mu’minun:12-14)

Dari ayat di atas, Allah menyebutkan bahwa manusia berasal dari saripati tanah. Jika kita perhatikan, saripati tanah terdiri dari suatu atom-atom yang mana jika bergabung akan membentuk suatu molekul..sebagai contoh; saripati yang membentuk manusia itu terdiri dari senyawa protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan berbagai molekul lainnya. Dan tentu saja molekul-molekul tersebut merupakan hasil dari atom-atom yang bergabung.

Molekul-molekul itu nantinya akan membentuk sel, pada ayat diatas sel yang dimaksud adalah sel sperma (air mani). Dari sel sperma yang mengalami fusi dengan sel ovum maka membentuk zygot. Kemudian zygot ini akan mengalami pembelahan dari 1 sel menjadi 2 sel, 4 sel, 8 sel, 16 sel (morula), sampai 32 sel.sel-sel yang semakin kecil ini disebut dengan blastomer.

Kemudian sel-sel yang membelah itu akan mengalami diferensiasi dan berkumpul dengan sel yang sama sehingga terbentuk jaringan. Sebagai contoh adalah jaringan otot (dalam ayat di atas disebut sebagai daging).

Pada minggu ke-3 dari ovulasi (pembuahan) akan terjadi pembentukan organ-organ (organogenesis). Jadi dari jaringan otot tersebut akan terbentuk otot itu sendiri ketika bergabung dengan tulang akan membentuk sistem muskuloskeletal yang berfungsi sebagai sistem gerak. Terakhir, setelah membentuk berbagai sistem organ (sistem saraf, sistem respirasi, kardiovaskuler, sitem muskuloskeletal, dan beberapa sistem tubuh yang lainnya) terbentuklah suatu organisme (manusia atau makhluk hidup lainnya).

Subhanallah atas apa yang telah Allah ciptakan…

Reference:

  • Sadler,TW. Embriologi Kedokteran Langman. Ed 7. Jakarta: EGC. 1997. p23-100
  • Rr Ayu Fitri Hapsari. Kuliah Histologi.




One response to “ORGANISASI KEHIDUPAN

  1. DokterP says:

    Subhanallah,Allah telah menciptakan manusia dari berbagai senyawa yang terorganisir secara sempurna dan
    Allah SWT telah menjelaskan berbagai aturan hidup untuk manusia tidak hanya untuk urusan akhirat saja, bahkan urusan dunia pun di atur olehNya didalamm Alquran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: