Ocha WeBlog

Proud to be Moslemah Doctor- FK UIN Syarif Hidayatullah

I’ll Miss That Place

on June 6, 2011

Sebenarnya bukanlah pertama kalinya aku menginjakkan kaki di tempat yang satu ini,,hanya saja kesempatan ini berbeda dengan sebelum2nya..

Tempat yang akan membuat orang2 takut dan tegang,,takut ketika akan dilakukan operasi..bagaimana keadaaan setelah dibius..akankah dapat kembali sadar seperti sedia kala..

yah..itulah gambaran di kamar operasi (OK)..bagiku rasanya tidak semenakutkan itu..karena aku disana bukan sebagai pasien..hehe [baca Koass]

Selama 4 minggu ini aku sedang stase anestesi,,dimana lagi tempat nongkrongnya kalo bukan di kamar operasi (OK) dan ICU..karena itu pula aku punya kesempatan untuk keluar masuk kamar operasi dan ICU sesuka hati..:-P

Hari pertama stase ini pun tiba,,aku dan teman2 sudah bersiap disana jam 7 lengkap dengan kostum yang seharusnya..sayangnya ada miss komunikasi diantara kami dengan konsulen..walhasil hari pertama dah kena marah,,hanya bisa bersabar..aku yakin pasti ada hikmahnya,,para konsulen2 pasti pengen yang terbaik untuk anak didiknya.

Entah kenapa kelompok aku selalu ada tanggal merah di stase yang ada jaga malam..itu artinya sama dengan tidak libur,,karena meski libur kita tetap harus jaga..fiuuhhh..

Tetapi di stase ini aku rasa cukup menyenangkan jaganya..padahal jika dibandingkan stase yang lain berat juga stase yang satu ini..nunggu orang operasi, bisa berdiri berjam2, apalagi yang namany OK Cito..beuuh..dingin bangeeeet..dah gitu setiap aku jaga gk pernah yang namanya sepi pasien..setelah kuhitung2 ternyata pasien minimal yang masuk selama aku jaga adalah 4, di waktu2 yang lain bisa 6 pasien bahkan 8 pasien dalam 12 jam..dan selama  jaga itu pula pasti selalu ada sectio caecaria..

Agak susah mendiskripsikan OK,,tapi setidaknya dengan aku sering keluar masuk OK, aku jadi tw ap sebenarnya yang terjadi selama kita operasi, apa saja yang dilakukan sampe obat2 biusnya juga kita pelajari..

Setiap harinya pertama kita harus menyiapkan alat dan mesin anestesi, termasuk mengecek mesin tsb apakah ada kebocoran atau tidak. dilanjutkan dengan mendata pasien yang akan di operasi dan mengambil obat dari masing2 pasien tsb. Di stase ini banyak tindakan yang bisa dilakukan, dari pasang infus, ambil AGD, intubasi, RJP..dll..dll..inget RJP jadi inget ada salah satu temenku disebut sebagai pembawa maut..entah ada aura apa yang menempel pada dirinya, sehingga saat dia jaga ada aja pasien yang meninggal..alhasil, dialah orang yang paling sering melakukan tindakan RJP..ckckck.. Dan beruntungnya lagi, selama dia jaga gak ada istilah gak ada pasien..seringnya banjir pasien..hahaha..

Di Stase ini juga yang memiliki aturan untuk melaporkan kasus jaga malam hari jumat, sabtu dan minggu setiap hari senin, masing2 dari kami yang jaga harus melaporkan kasus untuk dibahas. pada senin minggu kedua adalah jadwal laporan jaga kami yang pertama. mengingat pengalaman2 laporan jaga di stase2 sebelumnya kami jadi berpikir bahwa yang dilaporkan adalah malam terakhir sebelum laporan jaga..Ternyata dugaan kami meleset, sang konsulen meminta masing dari kami untuk melaporkan kasus yang didapat  selama jaga..bahkan konsekuensi bagi yang tidak melaporkan adalah dikeluarkan dari ruangan yang itu artinya kami tidak bisa mengikuti pembahasan kasusnya..mulailah saat satu persatu ditanya untuk melaporkan, mulailah satu persatu dari kami harus keluar..haha..termasuk diriku,,wkwkwk..meski agak kecewa gak bisa mengikuti kegiatan tersebut, ternyata ada hal lain yang menyambut..hehe..dapat tindakan..cihuyy..

Berangkat pagi-pulang sore sudah menjadi kebiasaan, apalagi dengan kondisi jakarta yang tak pernah lepas dari kata macet..huhui..tidur di angkot jg dah biasa, untung ja gak bablas..:D

pokoknya berada di kamar operasi bukan sebagai pasien itu menyenangkan..hehe..klo jadi pasiennya..beuuh…stress juga..bahkan dokter anestesi sekalipun yang biasanya membius orang ja bisa stress pas harus operasi..

Pesan untuk para pasien yang akan menjalani operasi, banyak berdoa ya..semoga diberi kelancaran selama jalannya operasi dan dapat menjadi jalan untuk kesembuhan..:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: