Ocha WeBlog

Proud to be Moslemah Doctor- FK UIN Syarif Hidayatullah

I’m proud of..

on August 3, 2014

Tidak terasa hampir 1 tahun sudah aku melewati dunia per-koass-an (baca: ko assiten dokter). Padahal sedikit pesimis dulunya saat melewati masa-masa ini. Alhamdulillah satu masa telah terlewati (karena masih ada stase mayor yang pastinya lebih berat).

Senang,,pastinya. Meski nilai dari tiap stase belum keluar, tak apalah. Setidaknya sudah melewatinya, apapun hasilnya aku pasrahkan saja pada Allah. Masih ada 1 usaha lg, yaitu berdo’a memohon yang terbaik menurutNya.

Banyak hal yang dapat aku ambil pelajaran, tidak hanya materi kedokteran tapi juga pelajaran kehidupan. Bagaimana seorang dokter harus disiplin, berempati, dapat berkomunikasi efektif (ke konsulen, staf di rumah sakit, pasien, keluarga pasien). Jadi dokter itu harus serba bisa, bisa memotivasi, bisa jadi tempat curhat, menghibur pasien,dll.

Sebagai mahasiswa yang berasal dari kampus dengan notabene Islam didalamnya, maka ada hal lain yang dtuntut ada pada alumninya kelak. Ya..ada satu modul yang selalu diberikan,,yang tidak semua kampus dengan label Islam memilikinya. Hmm..modul Dokter Muslim.

Aku setuju dengan pendapat salah satu temanku. Dia menyebutkan sangat bersyukur berada di kampus UIN dan tidak di UI. Kenapa?? Padahal kan jelas,,UI lebih bagus dan lebih matang secara akademik jika dibandingkan dengan UIN yang baru ada satu lulusan. Tapi apa yang membuatnya bersyukur berada disini??

Jawaban temanku,,

  1. Kerjasama untuk kepanitraan kliniknya adalah salah satu rumah sakit umum di jaksel. Dimana akan banyak kasus yang dapat kita temui, dan kita dapat belajar langsung dari pasien tersebut.
  2. Ada modul Dokter Muslim,,dimana lulusan UIN nantinya dituntut menjadi seorang five stars doctor plus . Kenapa ada plusnya, karena seorang dokter Muslim harus beriman, bertaqwa dan dapat melakukan amar ma’ruf nahi mungkar (Da’i).

Mungkin banyak hal yang menjadi kekurangan dalam modul ini. Tapi seiring berjalannya waktu dengan segala perbaikan, aku yakin nantinya akan menjadi semakin baik sehingga kita semua dapat menjadi Dokter Muslim yang profesional, memegang teguh ajaran Islam dan menjadi dambaan Ummat..Amiin..

Ciputat, 20 November 2011


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: